Cara Alami Menangani Sakit Perut

Banyak kondisi dan penyakit yang bisa menyebabkan sakit perut. Penyakit dan masalah pada organ gastrointestinal seperti usus, hati, pankreas, kandung empedu dan perut mungkin menjadi penyebab rasa sakit perut terasa. Beberapa penyebab yang dapat menyebabkan perut seperti melintir termasuk infeksi, keracunan makanan, gangguan pencernaan, dll.

Cara mengatasi lingkaran perut

Setiap orang memiliki teknik berbeda untuk menangani nyeri perut. Hati-hati, cara yang efektif untuk satu orang bukan berarti efektif untuk orang lain. Jadi, apa cara paling aman untuk mengatasi perut yang melilit? Bahan alami di bawah ini bisa menjadi referensi yang tepat.

Jahe

Menurut penelitian, jahe adalah salah satu produk alami yang memiliki potensi untuk mengatasi beberapa jenis sakit perut. Rempah-rempah yang telah digunakan sebagai obat anti-inflamasi sejak zaman kuno mengandung sifat anti-inflamasi. Dalam hal ini, untuk mengatasi sakit perut, cukup kunyah jahe atau tambahkan beberapa potong jahe segar ke secangkir teh panas. Saat ini, banyak produk suplemen yang mengandung jahe membuatnya lebih mudah dikonsumsi.

Daun mint

Bahan-bahan lain yang juga memiliki kemungkinan tinggi bahwa mereka dapat digunakan untuk meredakan sakit perut adalah daun mint. Kandungan mentol di daun ini bertindak sebagai analgesik alami yang dapat membantu mengurangi sakit perut dan mengurangi rasa mual. Untuk meredakan sakit perut, cukup minum daun mint yang disiapkan dengan air hangat atau teh panas. Teh mint instan sama efektifnya. Cara lain yang bisa digunakan adalah langsung menghisap mint atau mengunyah mint.

    cuka sari apel

Cuka sari apel dapat menetralisir sakit perut. Jika Anda tidak suka rasa asam yang terlalu kuat, campurkan dengan air dan satu sendok teh madu, minum perlahan. Kemungkinan cuka sari apel dapat menyembuhkan sakit perut karena dapat mengatasi kondisi kelebihan pati (karbohidrat kompleks yang tidak larut dengan air) dan membantu proses pencernaan. Ini memungkinkan pati untuk mencapai usus sambil mempertahankan keberadaan bakteri sehat di usus.

 Diet BRAT

Selama waktu ini, banyak orang tua memperkenalkan anak-anak mereka dengan makanan padat seperti pisang, nasi, saus apel dan roti panggang – dalam bahasa Inggris yang dikenal sebagai diet berdasarkan pisang, nasi, saus apel, roti panggang (BRAT). Diet empat sumber berguna untuk menghilangkan sakit perut, baik karena mual dan diare.

Makanan di atas mengandung serat rendah, tetapi kaya akan zat pengikat. Keuntungan dari diet BRAT adalah tidak adanya garam. Diet ini tampak hambar, tetapi akan sangat berguna ketika seseorang mengalami sakit perut, termasuk pukulan perut, tetapi harus tetap makan.

Terlepas dari beberapa bahan alami di atas, berbagai tindakan di bawah ini juga dapat membantu meredakan sakit perut.

Kurangi atau hindari aktivitas yang dapat mengakumulasi kelebihan udara di perut Anda, seperti merokok, makan terlalu cepat, mengunyah permen karet, dan sering mengonsumsi minuman non-alkohol.
Berhenti makan makanan yang menyebabkan sakit perut.
Makanlah porsi yang wajar dan jangan makan terlalu banyak. Jangan berbaring setidaknya selama dua jam setelah makan.
Cukup untuk kebutuhan untuk istirahat dari tubuhmu.
Gunakan bantal hangat atau sebotol air hangat dan letakkan di perut Anda untuk mengurangi rasa sakit.

Meskipun tidak dianggap sebagai kondisi serius, orang dengan sakit perut masih disarankan untuk ke dokter. Terutama jika itu terjadi secara berkepanjangan, bahkan jika telah mengambil langkah untuk mengelolanya

Baca Juga :