5 Kejadian heboh yang menimpa media sosial pada 2018

5 Kejadian heboh yang menimpa media sosial pada 2018

5 Kejadian heboh yang menimpa media sosial pada 2018

Sejumlah kejadian yang menimpa perusahaan media sosial pada 2018 sempat heboh dan menjadi perbincangan hangat di masyarakat.

Salah satu yang terheboh adalah penyalahgunaan data pengguna Facebook oleh perusahaan analisis data Cambridge Analytica. Kejadian lain yang menghebohkan adalah saat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir TikTok.

Lebih lengkap, berikut rangkuman lima kejadian heboh yang menimpa perusahaan media sosial selama tahun 2018.

1. Facebook
Pada pertengahan Maret 2018, dunia dikejutkan dengan laporan yang menyebutkan bahwa perusahaan penganalisis data Cambridge Analytica telah memanen jutaan profil pengguna Facebook yang menjadi pemilih Amerika Serikat pada Pemilu 2016.

Beberapa hari setelah kabar itu mencuat CEO Facebook Mark Zuckerberg

mengakui bahwa Facebook membuat kesalahan dalam menangani data milik 87 juta penggunanya.

Sejumlah negara, seperti Jerman, Israel dan Kanada menyelidiki Facebook terkait pelanggaran penyalahgunaan data rakasasa jejaring sosial tersebut, tak terkecuali Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Pada saat itu, Kominfo segera menyurati Facebook, dan bahkan tidak lama setelah itu memanggil perwakilan Facebook Indonesia setelah melihat indikasi kebocoran satu juta data pengguna dari Indonesia dalam kasus Cambridge Analytica.

Pada pertengahan April, Zuckerberg memberikan kesaksian di depan Kongres Amerika Serikat. Cambrige Analytica kemudian dilaporkan gulung tikar pada awal Mei.

Pada bulan Juli, Kominfo menyatakan Facebook sudah melaporkan penyelidikan

awal kasus kebocoran data ini, tidak ada akun dari Indonesia yang bocor terkait kasus Cambridge Analytica ini, namun Kominfo memperpanjang batas aduan data konsumen yang bocor oleh pihak ketiga pada jejaring sosial Facebook hingga akhir Agustus

Pada awal September Kominfo menyatakan tidak tidak ada aduan

dari masyarakat terkait kebocoran data pribadi yang dilakukan oleh pihak ketiga pada jejaring sosial Facebook.

Pada akhir pekan lalu, tepatnya pertengahan Desember, Facebook kembali ramai diberitakan setelah jejaring sosial tersebut membenarkan bahwa foto 6,8 juta pengguna mereka bocor akibat terkena bug.

 

sumber :

https://www.kakakpintar.id/seva-mobil-bekas/