Agar Lulusan Tak Kalah Bersaing

Agar Lulusan Tak Kalah Bersaing

Agar Lulusan Tak Kalah Bersaing

Agar Lulusan Tak Kalah Bersaing

Keputusan memberikan bekal keterampilan pelayanan hotel kepada siswa dimulai

SMA Hang Tuah 1 pada awal tahun pelajaran 2016–2017. Minimnya bekal keterampilan pada siswa SMA membuat sekolah tersebut membuat gebrakan. ”Ekstrakurikuler perhotelan kami buat agar siswa memiliki keterampilan khusus meski lulusan SMA umum,” ungkap Kepala SMA Hang Tuah 1 Hadi Sukiyanto.

Selama ini pembelajaran SMA memang lebih difokuskan pada kecakapan akademik berupa penguasaan materi yang diajarkan guru. Meski fokus tersebut sesuai dengan tujuan, pembekalan keterampilan pada siswa tetaplah penting untuk diajarkan.
Agar Lulusan Tak Kalah Bersaing
Ekstrakurikuler Perhotelan SMA Hang Tuah 1 Surabaya (Grafis: Herlambang/Jawa Pos/JawaPos.com)

Latar belakangnya, tidak semua siswa SMA terserap di perguruan tinggi. Bagi yang

tidak berkesempatan mengenyam bangku kuliah, biasanya mereka memilih bekerja. SMA Hang Tuah 1, misalnya. Jumlah siswa yang melanjutkan kuliah mencapai 50 persen. Sementara itu, siswa lain memilih bekerja.

Sayang, lulusan SMA yang memilih bekerja sering kalah dalam persaingan. Hal tersebut berkaitan dengan minimnya bekal keterampilan profesional yang mereka miliki. ”Nah, kekurangan itulah yang coba kami perbaiki,” terangnya.

Keterampilan jasa pelayanan perhotelan dipilih karena bidang tersebut mempunyai

bidang pekerjaan yang luas. Selain di hotel, dengan keterampilan itu, siswa dapat mengembangkan wirausaha. Contohnya, bidang F&B product. Pada sesi itu, siswa diajarkan cara memasak makanan sekaligus penyajiannya.

 

Baca Juga :