Bagaimana Cara Tentara Mengintai Musuh?

Bagaimana Cara Tentara Mengintai Musuh?

Teropong bumi adalah benda yang digunakan untuk mengamati benda-benda yang ada di permukaan bumi dari jarak jauh, baik yang ada di darat maupun yang ada di laut. Teropong bumi di dalam #30MenitBisa digunakan untuk mengamati aktivitas gunung berapi, bird watching, mengintai musuh (oleh para tentara), dan lihat benda lain yang ada di laut dan di darat (oleh para pelaut). Ngomong-ngomong soal teropong, kalian tau nggak Squad kalau teropong bumi mempunyai lensa cembung yang terdapat di pada lensa objektif dan lensa okulernya? Apa ya manfaat dari lensa cembung tersebut?

Coba kita ingat ulang materi yang ada di artikel Mengenal Macam-macam Sifat Cahaya. Pada artikel tersebut, dijelaskan bahwa salah satu pembawaan sinar adalah dapat dibiaskan. Nah, benda yang dapat membiaskan sinar adalah benda yang bening atau tembus cahaya, contohnya adalah lensa. Selain lensa cembung yang terkandung pada teropong bumi, ada termasuk lensa cekung. Kira-kira apa ya yang membedakan lensa cembung dan lensa cekung? Daripada ngira-ngira sendiri, mending pelajarin bareng aja yuk!

Lensa adalah benda bening yang dibatasi oleh dua bidang lengkung atau satu bidang lengkung dan satu bidang datar. Jenis lensa itu ada dua Squad, yaitu lensa cembung dan lensa cekung. Cembung dan cekungnya lensa dibedakan oleh ketebalan pada bagian tengah lensa pada bagian tepinya. Akibat dari ketebalannya yang berbeda, maka bayangan yang dihasilkan oleh tiap-tiap lensa pun mempunyai pembawaan yang berbeda-beda juga.

Lensa cembung adalah lensa yang bagian tengahnya tidak tipis namun bagian tepinya tipis. Lensa cembung disebut termasuk sebagai lensa positif dan bersifat menyatukan sinar (konvergen). Lensa cembung dibedakan jadi tiga, yaitu lensa cembung-cembung (bikonveks), lensa cembung-datar (plankonveks), dan cekung-cembung (konkaf konveks).

Sama layaknya pada cermin, pada lensa termasuk terkandung sinar-sinar istimewa Squad. Sinar-sinar istimewa yang ada pada lensa cembung adalah:

a. Sinar yang mampir sejajar sumbu utama bakal dibiaskan lewat titik fokus.

b. Sinar yang mampir lewat titik fokus bakal dibiaskan sejajar sumbu utama.

c. Sinar yang mampir lewat titik pusat optik lensa tidak bakal dibiaskan, namun bakal diteruskan.

Semua bayangan maya yang dibentuk lensa cembung selalu tegak pada bendanya dan seluruh bayangan nyata yang dibentuk lensa cembung pasti terbalik pada bendanya.

Berdasarkan pembawaan bayangannya, itulah kenapa terkandung lensa cembung di di dalam teropong bumi. Fungsinya adalah untuk membalikkan bayangan yang dibuat oleh lensa objektif (lensa objektif menghasilkan bayangan terbalik, yang lantas dibalik ulang oleh lensa cembung). Setelah bayangannya jadi tegak, lensa okuler tambah besar objek yang bakal dilihat. Makanya para tentara dapat mengintai musuhnya dari jarak jauh gara-gara jarak pandangnya “diperdekat” oleh teropong tersebut. Membantu banget kan Squad? Nah, tidak cuman pada teropong bumi, lensa cembung termasuk ada pada lensa kacamata (untuk penderita rabun dekat), lensa lup, lensa kamera dan termasuk lensa mikroskop.

Kebalikan dengan lensa cembung, lensa cekung adalah lensa yang bagian tengahnya tipis namun bagian tepinya tebal. Lensa cekung disebut sebagai lensa negatif dan bersifat menyebarkan sinar (divergen). Lensa cekung termasuk dibedakan jadi tiga wujud Squad, yaitu lensa cekung rangkap atau cekung-cekung (bikonkaf), lensa cekung-datar (plankonkaf), dan lensa cekung-cembung (konveks konkaf).

Untuk melukis bayangan pada lensa cekung termasuk dibutuhkan sinar-sinar istimewa. Ada tiga sinar istimewa yang dibentuk oleh lensa cekung yaitu:

a. Sinar yang mampir sejajar sumbu utama bakal dibiaskan seolah-olah berasal dari titik fokus,

b. Sinar yang mampir lewat titik fokus bakal dibiaskan sejajar dengan sumbu utama, dan

c. Sinar yang mampir lewat titik pusat optik lensa, tidak bakal dibiaskan namun diteruskan.

Maya, tegak dan diperkecil

Berdasarkan pembawaan bayangannya, lensa cekung diterapkan pada lubang pengintip pada pintu. Coba deh ingat-ingat lubang pengintip yang ada di pintu kamar hotel tempatmu menginap selagi liburan. Di pintunya pasti terkandung lubang kecil yang fungsinya adalah untuk lihat muncul ruangan dan mengerti siapa tamu yang datang. Walaupun lubangnya kecil, namun bidang penglihatan kita jadi luas kan Squad?

Nah, saat ini terjawab kan bahwa ternyata para tentara gunakan teropong bumi untuk mengintai musuh. Bukan teropong bintang ya Squad, gara-gara teropong bintang memang dikhususkan untuk lihat benda-benda yang ada di langit. Nggak mungkin kan perangnya melawan alien?

Baca Juga :