Beberapa Aspek Pengembangan Etos Kerja

  1. Beberapa Aspek Pengembangan Etos Kerja

Dalam rangka membina pengembangan pribadi yang tangguh ada 5 aspek pengembangan etos kerja masyarakat.

a)      Pengembangan sosial untuk meningkatkan kualitas hubungan antara pribadi sebagai inti dari interaksi sosial.

b)      Pengembangan emosional untuk meningkatkan kualitas pengembangan diri sehingga pemimpin/pegawai bisa bersikap rasional dan bijak.

c)      Pengembangan intelektual untuk meningkatkan wawasan sehingga dapat membuat keputusan-keputusan yang tepat.

d)     Pengembangan kepribadian untuk meningkatkan kualitas kepribadian (karakter) pemimpin, sehingga dapat diperoleh pemimpin yang bermoral.

e)      Pengembangan spiritual untuk membentuk kepribadian yang tangguh sehingga pemimpin bermental sehat.[11]

BAB III

PENUTUP

  1. A.    Kesimpulan

Dari pembahasan di atas maka dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa kepemimpinan pendidikan adalah kemampuan pemimpin pendidikan dalam mempengaruhi para guru, staf administrasi dan siswa dalam mencapai tujuan pendidikan serta optimalisasi sumber daya yang dimiliki pendidikan. Perilaku pemimpin menjadi suri tauladan bagi semua personel pendidikan yang pada akhirnya dapat tercipta budaya pendidikan yang lebih maju.

Sedangkan pengetian pengembangan kepemimpinan adalah usaha untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan ketingkat yang lebih tinggi. menurut Wahjosumidjo terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kepemimpinan pendidikan (kepala sekolah), yaitu : memberikan perhatian secara sistemik dan terus menerus terhadap siklus kegiatan : rekruitmen, seleksi, pengangkatan, penempatan, pembinaan, evaluasi terhadap kepala sekolah, dan komputerisasi di sekolah.