Benarkah nanas bsa sembuhkan asam urat ?

Informasi yang beredar di media sosial dan aplikasi untuk percakapan ponsel pintar, yaitu bahwa gout dengan gout harus rajin mengonsumsi jus nanas karena dapat membantu mereka mengobati penyakit yang menyerang sendi. Dapatkah jus nanas benar-benar menawarkan manfaat kesehatan ini?

Benarkah nanas bsa sembuhkan asam urat ?

Seperti yang kita ketahui, gout dapat menyebabkan pasien sangat menderita, terutama jika serangan penyakit ini terjadi.

Tidak hanya persendian yang membengkak, serangan gout dapat menyebabkan rasa sakit, kaku hingga persendian sulit bergerak, kemerahan dan hangat pada persendian. Ini tentu akan dilakukan pasien yang tidak dapat melakukan kegiatan secara bebas, kan?

Informasi yang beredar menyatakan bahwa minuman yang terbuat dari nanas matang, lobak putih dan tiga biji kemiri dapat membantu kita mengobati asam urat. Sayangnya, menurut pakar kesehatan Dr. Marudut, MPS, informasi ini sepertinya masih belum pasti.

“Tidak ada penelitian yang membuktikan manfaat dari minuman atau bahan-bahan ini. Selain itu, setiap orang mengalami gangguan asam urat yang berbeda, sehingga tidak pasti apakah dapat mengobati asam urat,” kata Dr. Marudut.

Alih-alih menggunakan minuman dari bahan-bahan alami ini, Dr. Marudut justru menyarankan ahli gout untuk mengonsumsi daun kelor yang telah dikonfirmasi untuk membantu penderita gout melalui penelitian.

“Ada kandungan quercetin di daun kelor. Kandungan ini bisa mengobati asam urat. Kita bisa membuatnya menjadi minuman dan sudah diuji secara ilmiah sehingga aman untuk dikonsumsi,” saran Dr. Marudut.

Sebagai informasi: kandungan quercetin dalam daun kelor dapat menghambat perkembangan asam urat dalam tubuh.

“Kandungan daun kelor dapat membuat senyawa purin tidak aktif dan pada akhirnya tidak berubah menjadi kristal asam urat,” jelas Dr. Marudut.

Selain mengandalkan informasi di media sosial, para pakar kesehatan merekomendasikan agar penderita asam urat tidak lagi mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi seperti jeroan dan makanan laut, minum air yang rajin, dan rutin mengonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter.

baca juga :