Beri Ruang Hidup bagi Hewan Langka

Beri Ruang Hidup bagi Hewan Langka

Beri Ruang Hidup bagi Hewan Langka

Beri Ruang Hidup bagi Hewan Langka

Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa, termasuk jenis flora dan faunanya. Dilintasi garis khatulistiwa, beraneka ragam flora dan fauna bertebran di bumi pertiwi. Namun, maraknya pembangunan tanpa mempertimbangkan kerusakan ‘ruang’ bagi hewan dan tumbuhan, serta masifnya perburuan langka membuat beberapa hewan endemik menjadi langka. Salah satunya Burung Elang.

Keresahan tersebut dirasakan oleh Eloner Indonesia, Komunitas fotografer Burung

Indonesia. Salah satu anggotanya, Sandi Jaya Saputra mengatakan, menggunakan istilah ‘ganjil’ untuk menjelaskan bagaiamana kondisi habitat, khususnya burung elang di Indonesia. “Kenapa kita menjadi ‘spesial’ ketika berhasil memoto burung elang ? Bukankah burung elang itu seharusnya ada di pekarangan (lingkungan) rumah kita? Ia bukanlah sesuatu yang harus dicari kemana-mana. Ini sangat ganjil,” ucap Sandi dalam Pameran Foto Elang di Los Cihapit, Kota Bandung baru-baru ini.

Dia mengatakan, dewasa kini, flora dan fauna tak diberikan ruang hidup yang ideal.

“Maka ruang dalam konteks ini menjadi penting, karena ada yang salah dari manusia dalam memperlakukan ‘ruang hidupnya’ yang idealnya hidup bersamaan dengan alam itu sendiri,” tuturnya. Sehingga, menurut Sandi, harus ada evaluasi dalam proses memproduksi ruang. Jangan sampai, flora dan fauna kehilangan habitatnya.

Salah satu siswa SMA Kartika XIX – 1 Bandung, Mochammad Robby Setiawan mengatakan, sangat penting untuk menjaga lingkungan alam. “Jika kita menjaga lingkungan, kita sebagai makhluk hidup pasti merasa nyaman. Juga sama dengan hewan langka. Mereka akan nyaman di lingkungan tersebut jika terjaga (tidak dirusak). Kita juga pasti kurang nyaman kalau misalnya bertahan hidup di lingkungan yang tercemar oleh limbah, sampah dan lainnya. Begitu pun dengan hewan,” ucap Robby saat dihubungi via daring, Jumat, 17 Oktober 2018.

Robby yang aktif di ekstrakulikuler pramuka tersebut mengatakan, manusia

menyelamatkan satwa langka dengan melakukan hal-hal yang sederhana, salah satu dengan cara menjaga kelestarian lingkungan. “Kita harus menjaga lingkungan kita sendiri. Meskipun mungkin kita hidup di kota, lingkungan kita juga harus tetap dijaga. Sesama makhluk hidup pun menurut saya harus bisa saling menghargai,” tutur Robby.***

 

Baca Juga :