Cara Mendiagnosis Nyeri Lutut

Cara Mendiagnosis Nyeri Lutut

Nyeri lutut adalah keluhan yang kerap dirasakan oleh orang dari segala usia. Jika lutut tidak sanggup menopang berat badan disertai rasa sakit, demam, atau lutut memerah dan panas, Anda harus memperhitungkan untuk melakukan serangkaian tes untuk diagnosis nyeri lutut. Tes ini untuk mencari tahu penyebab dan pilih penyembuhan yang tepat. Diagnosis nyeri lutut dijalankan bersama dengan serangkaian tes, terasa dari pemeriksaan fisik, tes pencitraan, dan tes darah. Selengkapnya lihat penjelasannya di bawah ini.

Diagnosis Nyeri Lutut
Dokter bisa saja dapat terasa bersama dengan mengajukan pertanyaan yang berhubungan bersama dengan kesehatan dan kemudian menanyakan secara spesifik mengenai cii-ciri nyeri lutut, termasuk berapa lama, seberapa parah, apakah suasana spesifik membuatnya terasa lebih baik atau lebih buruk.

Selain itu, dokter bisa saja dapat melakukan serangkaian tes berikut:

1. Pemeriksaan Fisik
Selama pemeriksaan fisik, dokter bisa saja dapat melakukan beberapa prosedur berikut:

Memeriksa lutut dan menekan lutut untuk lihat di mana persisnya terdapat penekanan yang lembut (diasumsikan berisi cairan). Dokter termasuk memeriksa bersama dengan menekuk lutut melalui beragam gerakan, memeriksa stabilitas ligamen, dan mengevaluasi ada pembengkakan, nyeri, kehangatan, dan memar.
Pemeriksaan untuk lihat seberapa jauh pasien sanggup mobilisasi kaki anggota bawah ke arah yang berbeda.
Mendorong atau menarik sendi untuk mengevaluasi integritas susunan di lutut.
2. Sinar-X
Dokter bisa saja pertama-tama menganjurkan Anda untuk melakukan X-ray, yang sanggup menopang mendeteksi patah tulang dan penyakit sendi degeneratif.

3. Computerized Tomography (CT) Scan
CT scan memadukan sinar-X yang diambil alih dari beragam sudut, untuk membuahkan gambar penampang anggota didalam tubuh. CT scan termasuk sanggup menopang mendiagnosis persoalan tulang dan fraktur halus. Jenis spesifik CT scan sanggup secara akurat mengidentifikasi nyeri sendi bahkan ketika sendi tidak meradang.

4. Ultrasound
Tes ini mengfungsikan gelombang nada untuk membuahkan gambar secara langsung (real-time) dari susunan jaringan lunak di didalam dan kira-kira lutut. Dokter bisa saja mobilisasi lutut Anda ke posisi yang tidak sama sepanjang ultrasound untuk memeriksa persoalan tertentu.

5. Magnetic Resonance Imaging (MRI)
MRI mengfungsikan gelombang radio dan magnet yang kuat untuk membuahkan gambar 3D dari anggota didalam lutut. Tes ini terlalu berfaedah didalam menunjukan cedera pada jaringan lunak seperti ligamen, tendon, tulang rawan, dan otot.

6. Tes Darah
Jika dokter menduga ada infeksi atau peradangan, bisa saja Anda dapat melakukan tes darah dan terkadang prosedur yang disebut arthrocentesis, di mana sedikit cairan dikeluarkan dari didalam sendi lutut bersama dengan mengfungsikan jarum dan kemudian dikirim ke laboratorium untuk dianalisis.

Diagnosis Nyeri Lutut Berdasarkan Lokasi
Kebanyakan orang biasanya mendapatkan wilayah untuk memulai diagnosis bersama dengan mendeteksi rasa sakit di lutut. Sementara rasa sakit sanggup merujuk dari wilayah lain, mencari tahu dari mana rasa sakit berasal sanggup menopang menangani persoalan pada lutut.

Berikut adalah beberapa pemeriksaan nyeri lutut berdasarkan lokasi:

1. Nyeri Lutut Depan
Bagian depan lutut adalah area paling kerap mengalami nyeri lutut, yang biasa disebut nyeri lutut anterior. Kondisi ini sanggup disebabkan oleh sejumlah persoalan lutut, biasanya mengenai bersama dengan tempurung lutut. Segera melakukan diagnosis nyeri lutut depan untuk mencari tahu persoalan apa yang membuat rasa sakit.

2. Nyeri Lutut Bagian Dalam
Nyeri lutut medial adalah nyeri pada sisi didalam sendi lutut. Nyeri lutut medial terlalu umum. Lebih banyak tekanan condong lewat sisi didalam lutut (sisi yang paling dekat bersama dengan kaki lainnya) yang membuatnya rentan pada cedera.

Jika rasa sakit beberapa besar berada di sisi didalam kaki, dapatkan diagnosis nyeri lutut medial.

3. Nyeri di Belakang Lutut
Nyeri di anggota belakang lutut biasanya berlangsung pada usia di atas 50 th. akibat suasana lutut yang aus. Pada orang yang lebih muda, suasana berikut condong disebabkan dikarenakan cedera lutut.

Jika rasa sakit beberapa besar di belakang lutut, kunjungi anggota diagnosis nyeri lutut posterior untuk mencari tahu beragam penyebab dan perawatannya.

4. Nyeri Lutut Luar
Sisi luar lutut adalah area paling kerap mengalami masalah. Biasanya nyeri disebabkan oleh iritasi pada susunan di sisi luar lutut.

Jika sakit terasa di luar lutut, langsung diagnosis cedera lutut lateral untuk mencari tahu mengenai beberapa penyebab utamanya.

5. Nyeri Betis
Nyeri otot betis di anggota bawah lutut bisa saja disebabkan oleh cedera jaringan lunak atau sinyal suasana mendasar yang lebih serius.

Nyeri betis sanggup disebabkan oleh rusaknya jaringan lunak seperti otot yang robek atau suatu hal yang lebih serius seperti deep vein thrombosis (DVT) atau pembekuan darah di kaki.

Di anggota nyeri betis, Anda sanggup lihat penyebab nyeri paling umum di area betis, termasuk perbedaannya, bagaimana tahu apakah suasana serius dan bagaimana pengobatannya.

6. Nyeri Tempurung Lutut
Aktivitas sehari-hari yang melibatkan tempurung lutut, jikalau naik tangga dan jongkok sanggup membuat nyeri. Nyeri tempurung lutut bisa saja terlihat secara bertahap atau secara tiba-tiba.

Kunjungi dokter untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai penyebab, gejala, dan pilihan penyembuhan untuk persoalan tempurung lutut.

Seberapa Penting Diagnosis Nyeri Lutut?
Alasan paling umum untuk nyeri lutut kambuh adalah kegagalan didalam menyembuhkan penyebab persoalan yang mendasarinya, biasanya dikarenakan diagnosis yang dijalankan tidak akurat.

Misalnya kondisi lutut bengkak. Anda dapat mengobati pembengkakan dengan kompres es, perban, dan latihan yang memungkinkan pembengkakan akan membaik. Tetapi kemungkinan besar, masalah pada lutut akan kembali lagi kecuali telah menemukan apa yang menyebabkan pembengkakan di lokasi pertama dan juga pengobatannya.

Artikel lainnya : teknik dasar permainan sepak bola

Baca Juga :