Ekonomi Mikro Lengkap – Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkupnya

Pengertian Ekonomi Mikro

Apa itu ekonomi mikro? Konsep ekonomi mikro yang dikutip dari https://ilmubelajar.com adalah ekonomi yang secara khusus meneliti perilaku konsumen dan bisnis, serta penentuan harga pasar dan volume input, barang dan jasa yang diperdagangkan.

Mikro ekonomi atau ekonomi mikro secara langsung mempengaruhi pengambilan keputusan dalam hal penawaran dan permintaan barang atau jasa. Dengan demikian, definisi ekonomi mikro untuk perusahaan memiliki tujuan utama menganalisis pasar dan bagaimana mekanismenya untuk membentuk harga relatif produk dan jasa.

Beberapa aspek analisis dalam ekonomi mikro adalah:

  • Analisis biaya dan manfaat
  • Teori penawaran dan permintaan
  • elastisitas
  • model pasar
  • industri
  • teori produksi
  • teori harga

Peran ekonomi mikro dalam ekonomi dapat membantu menganalisis kegagalan pasar dan secara teoritis menjelaskan kondisi pasar yang sangat kompetitif.

Ekonomi mikro menurut pendapat ahli

Beberapa pakar ekonomi telah menjelaskan konsep ekonomi mikro, termasuk:

1. Adam Smith
Menurut Adam Smith, ekonomi mikro adalah masalah ekonomi yang selalu rasional secara ekonomi. Akibatnya, operator ekonomi harus mempertimbangkan aspek rasional sebelum memutuskan.

2. David Ricardo
Menurut David Ricardo, pemahaman ekonomi mikro adalah prasyarat di mana agen ekonomi sudah memiliki informasi tentang kelebihan dan kekurangan pasar. Dengan demikian, ekonomi makro adalah faktor penentu pasar ekonomi global.

3. Marshal dan Piqou
Menurut Marshal dan Piqou, gagasan ekonomi mikro adalah tingkat mobilitas yang tinggi di pasar, memungkinkan operator ekonomi untuk secara langsung beradaptasi atau beradaptasi dengan perubahan di pasar.

4. N.G. Mankiw
Menurut N. G. Mankiw, memahami ekonomi mikro adalah ilmu yang membahas peran agen ekonomi individu, cara rumah tangga dan perusahaan membuat keputusan, dan bagaimana mereka berinteraksi di pasar tertentu.

5. Sadono Sukirno
Menurut Sadono Sukirno, pemahaman ekonomi mikro adalah industri yang meneliti perilaku konsumen dan bisnis dan menentukan harga pasar serta jumlah input, barang, dan jasa yang diperdagangkan.

Ekonomi mikro ini menganalisis bagaimana berbagai pilihan dan perilaku ini memengaruhi penawaran dan permintaan barang dan jasa yang menentukan harga, penawaran, dan permintaan barang dan jasa lainnya.

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro

Bidang ekonomi mikro adalah konsumen dan produsen. Dalam bisnis, produsen dan konsumen ini adalah individu dalam rumah tangga, komunitas, organisasi atau bisnis.

Mikroekonomi meneliti perilaku penjual dan pembeli, termasuk interaksi mereka di pasar faktor. Singkatnya, ruang lingkup ekonomi meliputi:

  • Permintaan, penawaran, dan keseimbangan harga pasar
  • Elastisitas permintaan dan elastisitas pengiriman
  • Teori perilaku konsumen
  • Teori produksi, biaya produksi, pendapatan dan keuntungan produsen
  • Pasar kompetitif sempurna
  • pasar monopoli
  • pasar oligopoli
  • Pasar kompetitif monopolistik
  • Silakan input
  • Mekanisme harga dan distribusi pendapatan

Tujuan Ekonomi Mikro

Beberapa tujuan ekonomi mikro adalah:

  • Melakukan analisis mekanisme pasar yang mempengaruhi harga dalam hal barang dan jasa dan membaginya dari sumber yang terbatas di antara banyak penggunaan alternatif
  • Melakukan analisis kegagalan pasar jika pasar tidak memberikan hasil yang efisien dan menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang diperlukan untuk pasar persaingan sempurna.

Baca Juga :