Evaluasi Pembelajaran Tematik

Evaluasi Pembelajaran Tematik

  1. Hakikat penilaian

  2. Ruang Lingkup Penilaian

Penilaian dalam pembelajaran tematik adalahsuatu usaha untuk mendapatkan berbagaiinformasi secara berkala, berkesinambungan, danmenyeluruh tentang proses dan hasil daripertumbuhan dan perkembangan yang telahdicapai oleh anak didik melalui program kegiatanbelajar (Depdiknas, 2006: 14)

Penilaian merupakan pengumpulan informasiuntuk menentukan kualitas dan kuantitas belajarpeserta didik. Penilaian juga dimaksudkan untukmemperoleh, menganalisis dan menafsirkan datatentang proses dan hasil belajar peserta didikyang dilakukan secara sistematisdanberkesinambungan sehingga menjadi informasiyang bermakna dalam pengambilan keputusan.(trianto, 2007: 87)

Tujuan penilaian untuk mengetahui perkembanganyang telah dicapai anak didik selama mengikutipembelajaran. Lebih rincinya tujuan penilaian pembelajaran tematik sebagai berikut:

  1. Mengetahui percapaian indikator yang telah ditetapkan
  2. Memperoleh umpan balik bagi guru, untuk pengetahuan hambatan yang terjadi dalam pembelajaran maupun efektivitas pembelajaran
  3. Memperoleh gambaran yang jelas tentang perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa
  4. Sebagai acuan dalam menentukan rencana tindak lanjut (remedial, pengayaan, dan pemantapan).

Fungsi penilaian sebagai berikut :

  1. Memberikan umpan balik kepada guru untukmenyempurnakan pembelajaran.
  2. Sebagai bahan pertimbangan bagi guruuntuk membimbing perkembangan anak didikbaik fisik maupun psikis sehingga dapatberkembang secara optimal.
  3. Sebagai bahan pertimbangan bagi guruuntuk melakukan kegiatan bimbinganterhadap anak didik yang memerlukanbimbingan khusus.
  4. Sebagai bahan pertimbangan bagi guruuntuk menempatkan anak dalam kegiatanyang sesuai dengan minat dankebutuhannya.
  5. Memberikan informasi bagi orang tuatentang perkambangan yang telah dicapaioleh anak didik sebagaipertanggungjawaban.

6.Sebagai informasi kepada orang tua untukmenyesuaikan pendidikan keluarga denganproses pembelajaran di sekolah.

  1. Sebagai bahan masukan bagi berbagai pihakdalam rangka pembinaan selanjutnyaterhadap anak didik.

https://bobhenneman.info/underworld-empire-apk/