FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN SOSIAL

FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN SOSIAL

FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN SOSIAL

1. BERCAMPURNYA BUDAYA

Faktor penyebab perubahan sosial yang pertama adalah beragamnya budaya yang berbeda-beda, yang bisa bercampur satu sama lainnya. Hal ini akan membuat suatu perubahan sosial dimana jika salah sedikit saja maka akan berakibat buruk bagi sebuah individu, kelompok, maupun suku. Budaya yang berbeda tentu saja tidak bisa dicampur seenaknya saja karena memiliki nilai di dalamnya.

Sebagai contoh kita sebagai negara Indonesia memiliki beragam budaya yang berbeda-beda tiap daerahnya, lalu masuklah budaya asing dari luar negeri ke negara Indonesia. Tentu saja bercampurnya budaya bisa cocok maupun bisa tidak cocok yang akan menyebabkan kegagalan dalam hal nilai atau fungsi yang telah digunakan dalam suatu budaya tersebut.

2. PENDIDIKAN YANG SEMAKIN MAJU

Faktor yang menyebabkan perubahan sosial berikutnya adalah adanya pendidikan yang semakin maju. Di masa kini telah banyak masyarakat dengan pendidikan yang sangat tinggi, dimana pendidikan yang tinggi akan membuat seseorang lebih terbuka dalam pemikirannya. Sehingga dapat merubah sosial yang ada di sekitarnya.

Pendidikan yang sangat maju ini akan membuat orang bisa menguasai banyak kemampuan, sehingga dapat membuat seseorang bisa dengan mudah menerima hal-hal baru. Selain itu pendidikan yang maju memiliki pelajaran dimana seseorang dituntut untuk berfikir secara rasional dan ilmiah, sehingga hl ini memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perubahan sosial di lingkungan ia tinggal tersebut.

3. RASA INGIN MAJU

Manusia pada umumnya memiliki rasa ingin maju yang sangat tinggi, hal inilah yang menyebabkan sebagain besar perubahan sosial yang ada. Rasa ingin maju ini dapat timbul dari beberapa faktor, salah satunya yaitu manusia memiliki rasa ketidakpuasan terhadap kondisi yang telah ada. Sehingga mereka berusaha memperbaiki untuk menjadi lebih baik, hal inilah yang bisa membuat perubahan sosial terjadi.

Rasa ini bisa memiliki dampak positif maupun dampak negatif terhadap perubahan sosial yang terjadi. Bisa berdampak positif jika rasa ingin maju tinggi untuk menuju yang lebih baik, namun akan dapat menimbulkan dampak negatif jika rasa ketidakpuasan yang tinggi disebabkan rasa serakah dari seseorang yang akan melakulan perubahan sosial lingkungan sekitarnya tersebut.

4. SISTEM MASYARAKAT TERBUKA

Akhir-akhir ini telah muncul paham masyarakat terbuka, yaitu paham yang mengatakan bahwa masyarakat harus bisa terbuka untuk bisa melakukan perubahan yang besar terhadap hidupnya. Sistem ini merupakan sistem yang terbukti efektif dalam memajukan di bidang-bidang tertentu, seperti bidang ilmu pengetahuan, kedokteran, dan bidang-bidang lainnya.

Walaupun terlihat sangat bagus untuk perubahan sosial, namun kita juga harus waspada dan pintar-pintar memilih aspek mana saja yang bisa masuk dalam lingkup kehidupan kita. Jangan salah memaknai masyarakat terbuka dengan menerima segala sesuatu dari luar, karena hal itu bisa menyebabkan tidak seimbangnya antara kehidupan kita dengan kehidupan orang lain tersebut.

5. KETIDAKPUASAN TERHADAP SUATU HAL

Sama halnya dengan rasa ingin maju, faktor yang terakhir adalah rasa ketidakpuasan terhadap segala hal, inilah yang menyebabkan perubahan sosial bisa terjadi dengan mudahnya di tengah-tengah masyarakat. Banyak sekali ide atau paham yang sangat mudah timbul atau muncul akibat ketidakpuasan terhadap sesuatu yang ada di sekitar lingkungan hidupnya.

Contohnya seperti di Indonesia dimana banyak masyarakat yang diperbolehkan menyuarakan pendapat yang ia miliki, hal ini bisa memengaruhi orang-orang di sekitar sehingga muncullah perubahan sosial. Di Indonesia sendiri juga telah banyak kita saksikan perubahan sosial yang terjadi akibat adanya rasa ketidakpuasan terhadap apa yang telah miliki.


Sumber: https://konveksipekanbaru.co.id/slayaway-camp-apk/