Fantastis! Oracle Ungkap Keuntungan Google dari Android

Fantastis! Oracle Ungkap Keuntungan Google dari Android

Fantastis! Oracle Ungkap Keuntungan Google dari Android

Selama ini Google sangat sensitif mengenai pendapatan mereka

yang diperoleh dari sistem operasi Android. Namun, pada pertengahan Januari 2016 ini, nominal keuntungan Google Android akhirnya diungkap oleh Oracle.

Tanggal 14 Januari lalu, Oracle melayangkan gugatan kepada Google lantaran telah menggunakan Java guna pengembangan Android, tapi Google tidak membayar sepeser pun ke Oracle.

Data pengacara Oracle menyebutkan, dalam gugatan tersebut Google

dilaporkan sudah meraup keuntungan sebesar USD 31 miliar atau setara dengan Rp.428 triliun lebih. Dari jumlah itu, ada USD 22 miliar atau sekitar Rp.303 triliun lebih yang menjadi laba bersih Google dari sistem operasi sejuta umat Android.

Oracle mengungkap, mayoritas keuntungan Google itu diambil dari iklan di smartphone Android serta toko aplikasi Google Play Store. Android sendiri sudah diluncurkan sejak tahun 2008, sehingga tidak mengherankan bila angkanya sebesar itu. Google pun langsung mendesak pengadilan San Francisco supaya merahasiakan info seputar pendapatannya.

“Google tidak mempublikasikan profit Android terpisah dengan

keuntungan dari bisnis Google secara keseluruhan. Data-data finansial tersebut sangat sensitif dan publikasi data dapat berakibat buruk terhadap bisnis Google,” tulis Google dilaporannya kepada pengadilan San Francisco. Sumber: Bloomberg.

 

Baca Juga :