Filipina dan Cina saling tuduh soal Laut Cina Selatan

Filipina dan Cina saling tuduh soal Laut Cina Selatan

Filipina dan Cina ulang saling melempar tuduhan laksanakan pelanggaran di lokasi yang dipersengketakan di Laut Cina Selatan.

Pemerintah Filipina hari Selasa (17/4) menjelaskan mereka udah mengajukan protes diplomatik, bersama dengan menuduh kapal-kapal Cina mengancam kapal riset Filipina di kawasan laut dangkal yang dikenal bersama dengan Scarborough Shoal.

Di perairan ini kapal-kapal Cina pekan lantas membatasi kapal perang Filipina yang coba menangkap nelayan Cina.

“Kami mengajukan keberatan kemarin. Ancaman yang dikerjakan Cina adalah bagian berasal dari pelanggaran teritorial yang tetap mereka laksanakan di lokasi kami,” kata Raul Hernandez, juru bicara Kementerian Luar Negeri Filipina, kepada kantor berita AFP.

Pemerintah Filipina tidak mengimbuhkan rincian perihal riset tersebut tapi menjelaskan kapal yang dipakai untuk laksanakan penelitian masih ada di lokasi.

“Melakukan penelitian adalah tidak benar satu hak kami,” kata Hernandez.

Upaya menangkap nelayan
Sementara itu, Kedutaan Besar Cina di Manila meyakinkan bahwa kawasan perairan Scarborough adalah punya Cina.

“Kami menghendaki kapal penelitian Filipina untuk segera meninggalkan perairan kami,” kata Zhang Hua, juru bicara Kedutaan Besar Cina di Manila, lewat pengakuan tertulis.

Beijing mengklaim semua perairan di Laut Cina Selatan berdasarkan sejarah, terhitung kawasan di dekat pantai Filipina dan negara-negara ASEAN lainnya.

Berdasarkan perhitungan Angkatan Laut Filipina, daratan terdekat Cina berasal dari perairan Scarborough adalah Provinsi Hainan bersama dengan jarak kurang lebih 1.200 km.

Filipina dan Vietnam menuduh Cina sepanjang lebih dari satu th. belakangan makin agresif di dalam meyakinkan posisinya di kawasan yang masih dipersengketakan itu.

Artikel Lainnya : https://tutorialbahasainggris.co.id/motivation-letter-5-cara-dan-contoh-membuat-motivation-letter-bahasa-inggris/

Ketegangan antar Filipina dan Cina yang terbaru berlangsung pada tanggal 8 April disaat kapal Filipina menemukan delapan kapal ikan Cina di kawasan Scarborough dan mengerahkan kapal angkatan laut untuk menangkap para awak kapal ikan tersebut.

Cina kemudian menanggapi bersama dengan mengirimkan tiga kapalnya untuk menghambat penangkapan nelayan Cina tersebut dan Filipina menentukan menarik kapal angkatan laut untuk meredakan ketegangan di sana.

Bagaimanapun sebuah kapal penjaga pantai Filipina tetap laksanakan patroli di kawasan tersebut.

Baca Juga :