IIEE 2018, Langkah IPB Menuju Entrepreneur University 2045

IIEE 2018, Langkah IPB Menuju Entrepreneur University 2045

IIEE 2018, Langkah IPB Menuju Entrepreneur University 2045

IIEE 2018, Langkah IPB Menuju Entrepreneur University 2045

Dalam rangka memperingati Dies Natalis IPB ke-55, Direktorat Inovasi dan Kewirausahaan Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Innovation and Entrepreneurship Expo (IIEE) 2018, di IPB International Convention Center (IICC), Bogor, Jumat (5/10/2018). Ini adalah kegiatan rutin tahunan dan tahun ini memasuki tahun ke-5.

Kegiatan yang mengusung tema “Pertanian 4.0 untuk Kedaulatan Pangan” ini

bertujuan untuk menampilkan, memperkenalkan dan mengkomunikasikan inovasi IPB kepada masyarakat secara luas.

Direktur Inovasi dan Kewirausahaan IPB, Dr. Ir. Syarifah Iis Aisyah menjelaskan bahwa inovasi dan kewirausahaan adalah kata kunci penting untuk meningkatkan daya saing suatu bangsa. Dimana peran inovasi bidang teknologi dan sosial menjadi sangat penting untuk terus ditingkatkan. IPB sebagai institusi pencetak generasi muda berpendidikan berperan aktif mewujudkan hal ini dan sudah tertuang dalam visi IPB untuk menjadi Entrepreneur University pada tahun 2045 nanti.

“IPB berusaha mempercepat proses hilirisasi hasil riset (inovasi) yang sudah

dirasakan manfaatnya dalam mendukung pembangunan pertanian dalam arti luas. Pengembangan model kewirausahaan berbasis inovasi teknologi dan sosial (techno-socio-entrepreneurship) di IPB memerlukan dukungan infrastruktur dan kelembangaan yang mapan termasuk di dalamnya regulasi yang mendukung,” ujar Dr. Iis.

Ia menambahkan, IIEE 2018 terbagi ke dalam beberapa kegiatan yaitu innovation expo, business meeting dan entrepreneur talkshow. Terdapat 29 stand yang terdiri atas 16 stand produk inovasi dan 13 stand produk kewirausahaan.

Ada 57 inovasi yang dihasilkan dari 35 inovator/dosen IPB. Adapun wirausaha

mahasiswa/alumni IPB yang mengikuti pameran ini berjumlah 26 orang dengan 33 jenis produk. Satuan Usaha Akademik (SUA) IPB dan Agribusiness Development Station (ADS) IPB juga turut serta dalam kegiatan IIEE tahun ini.

Selain itu, kegiatan ini juga mengadakan business meeting yang mempertemukan 18 inovator (21 produk) dengan 35 calon investor. Business meeting ini terbagi atas lima klaster, yaitu klaster pangan, klaster energi dan mesin, klaster biomedis, klaster pakan dan bio-fertilizer dan klaster material.

 

Baca Juga :