Kabar baik untuk pengidap jantung

Jika Anda khawatir tentang masa depan Anda karena Anda memiliki penyakit jantung, ada kabar baik untuk Anda, yaitu: Anda memiliki kontrol lebih dari yang Anda pikirkan.

Dalam semua kondisi serius, ketakutan bisa datang. Tetapi Anda masih bisa merasa tenang.

7 cara menenangkan kekhawatiran

1. Terima kenyataan
Mendapatkan jawaban atas pertanyaan tentang kesehatan Anda dan masa depan dapat membantu Anda menenangkan kekhawatiran Anda dan membuat Anda merasa lebih memegang kendali.

Minta dokter Anda untuk menjelaskan apa yang bisa terjadi dalam beberapa bulan dan tahun mendatang.

Buka program ujian berikutnya dan bawa daftar pertanyaan dan daftar pertanyaan yang mungkin Anda miliki.

Minta informasi lengkap dengan cara yang jelas dan spesifik. Mengetahui jawabannya bisa meringankan beban pikiran Anda.

2. Nyatakan ketakutan Anda
Berbicara dengan orang yang Anda percaya dapat membantu meredakan ketakutan Anda.

“Jika Anda merasa lemah atau khawatir tentang kesehatan Anda, itu normal,” kata Leslie Becker-Phelps, PhD, psikolog di Basking Ridge, New Jersey.

Tetapi jangan menyelamatkan rasa takut Anda karena lama-lama itu akan menumpuk dan tak terhentikan di dalam, untuk membuat Anda lebih cemas daripada sebelumnya.

Ekspresikan perasaan Anda dengan keluarga, teman, penasihat, atau dokter. Anda juga dapat bergabung dengan grup pendukung.

Mendapatkan dukungan emosional dari orang lain dapat membantu Anda merasa lebih tenang, tidak merasa kesepian dan mungkin membantu Anda melihat dari sudut pandang lain.

Keluarga dan teman-teman juga dapat membantu Anda mengendalikan kesehatan Anda. Bicaralah dengan mereka tentang bagaimana penyakit jantung dan beri tahu mereka bagaimana mereka dapat membantu Anda.

3. Bergerak untuk menghilangkan kecemasan Anda
Cara yang efektif untuk mengendalikan kecemasan atau perasaan cemas, cemas, tegang, dan mudah tersinggung adalah dengan bergerak.

Jadi jangan katakan apapun. Suatu hal yang mudah seperti berjalan sendirian dapat menenangkan pikiran dan membuat Anda merasa lebih baik.

Jika kecemasan muncul tiba-tiba dan kuat, dan Anda tiba-tiba menderita kesulitan bernapas, sakit dada atau berkeringat, itu bisa menjadi serangan panik, yang juga bisa diobati. Bicaralah dengan dokter Anda.

Pikirkan apa yang Anda inginkan untuk masa depan Anda. Apa yang penting untuk Anda? Bagaimana Anda akan menghabiskan waktu Anda, secara pribadi dan profesional?

4. Fokus pada apa yang dapat Anda lakukan
Meskipun gaya hidup Anda sebelumnya tidak sehat, membuat perbaikan sekarang masih dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke, kata John Higgins, MD, ahli jantung olahraga di Texas Science Science Center di Houston.

Hal-hal penting untuk fokus adalah:

Olahraga. Jika dokter memberi Anda izin, olahraga tidak hanya aman tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan Anda.

Makan dan tidur nyenyak. Prioritaskan tidur malam yang baik dan jaga pola makan yang sehat.

Berhenti merokok. Ini belum terlambat Jika Anda berhenti merokok hari ini, Anda dapat mencegah serangan jantung atau stroke.

5. Ambil langkah-langkah sedikit demi sedikit
Buatlah daftar hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk gaya hidup sehat. Jadi ubahlah kebiasaan Anda satu per satu, seperti meningkatkan pola makan atau memulai program olahraga baru.

Mengubah semuanya sekaligus mungkin terasa terlalu berat. Tetapkan tujuan spesifik dan masuk akal. Fokus pada satu tujuan sebelum pindah ke tujuan berikutnya.

6. Kejar kehidupan yang Anda inginkan
Tetapkan tujuan untuk besok dan tahun-tahun mendatang. Becker-Phelps berkata: “Menemukan tujuan hidup Anda adalah motivator yang baik dan akan membantu Anda mencapai kepuasan hidup.”

7. Jika Anda merasa stres, cari bantuan
Depresi seringkali disertai dengan penyakit jantung. Jika Anda merasakan kesedihan atau kesepian, kurang tahan atau perubahan dalam tidur atau kebiasaan makan atau jika Anda tidak tertarik pada hal-hal yang biasanya Anda sukai, Anda mungkin stres.

Jika sensasi bertahan lebih dari 2 minggu, segera bicarakan dengan dokter Anda atau orang terdekat Anda. Mengobati depresi dapat membantu Anda merasa lebih baik dan siap untuk melanjutkan hidup Anda.

baca juga :