Kebun Teh Sidamanik Sebagai Daerah Ekowisata

Kebun Teh Sidamanik Sebagai Daerah Ekowisata

Didaerah Provinsi Sumatera Utara memiliki tempat wisata yang unik-unik dan menarik. Selain tempat wisata pesona alam di Danau Toba juga ada tempat wisata lainnya yang tidak kalah dari Danau Toba yaitu, Kebun Teh Sidamanik.

Tempat wisata Kebun Teh Sidamanik berada di Kecamatan Sidamanik. Kecamatn Sidamanik merupakan daerah dataran tinggi yang sebagian besar tanahnya adalah perkebunan teh, sehingga kecamatan sidamanik ini merupakan pabrik teh yang berkualitas dan terbaik.

Kebun Teh Sidamanik adalah salah tempat wisata yang menunjukan pesona alamnya melalui tumbuhan-tumbuhan tehnya dan memiliki air terjun Bah Butong. Untuk menuju air terjun Bah Butong di Kebun Sidamanik dapat melalui jalur terdekat sesudah jalan masuk ke kebun Teh Bah Butong, berbelok kanan disamping tiga pertama dan sepanjang jalan ada papan penunjuk ke air terjun.

Sepanjang Desa Sarimatondang sampai perkebunan Tobasari kita akan dimanjakan oleh pemandangan kebun teh tersebut. Didaerah kebun teh ini tidak memakai pembayaran untuk masuk dan dibeberapa tempat ada pedagang makanan. Wisatawan dapat mengambil foto secara bebas di sekitar kebun teh tersebut. Untuk mengambil foto terbaik ada baiknya waktu jam 10 pagi.

Di kebun teh Sidamanik ini juga terdapat air terjun lainnya yaitu, air terjun Bah Biak. Air terjun ini bertempatan sekitar 3 Km dari areal perkebunan teh Sidamanik. Untuk menuju air tejun tersebut harus menuruni anak tangga yang masih dari material tanah liat. Air terjun ini memiliki air sejuk khas pengunungan dan airnya dingin.

Di Daerah kebun teh ini juga memiliki Bukit Indah Simarjarunjung. Bukit ini memiliki rumah pohon, ayunan, camping ground, hammock, flying fox dan berbagai macam latar berfoto tersedia lengkap. Di bukit ini semakin senja, akan semakin cantik pemandangannya dan cocok untuk mengambil foto yang bagus.

Tempat wisata kebun teh Sidamanik memiliki pengunjung atau wisatawan lokal bahkan wisata luar daerah untuk memanjakan mata terhadap pesona alam perkebunan teh dan air terjunnya.

Sekian artikel yang membahas tentang kebun teh Sidamanik sebagai daerah ekowisata ini, semoga bermanfaat bagi para pembaca.