KESEIMBANGAN SEKTOR MONETER

KESEIMBANGAN SEKTOR MONETERKESEIMBANGAN SEKTOR MONETER

Pasar uang akan berada dalam keadaan seimbang apabila penawaran akan uang (Ms) sama dengan penawaran akan uang (Md). Dalam analisis keseimbangan di pasar uang digunakan suatu kurva yang disebut kurva LM (LM curve). Kurva LM adalah tempat kedudukan titik-titik yang menghubungkan tingkat bunga (i) dan pendapatan nasional (Y), di mana pasar uang dalam keadaan seimbang. (Suprayitno, 2005).

Analisis Keseimbangan Sektor Moneter dengan Grafik

Sebagaimana kita ketahui bahwa penawaran akan uang (Ms) adalah ditentukan oleh pemerintah atau dinyatakan tetap. Menurut Mankiw perubahan pendapatan akan mempengaruhi permintaan akan uang. Apabila pendapatan naik, maka expenditure akan mengalami kenaikan, sehingga masyarakat banyak melakukan transaksi yang menggunakan uang. Sehingga, kenaikan pendapatan akan mengakibatkan kenaikan permintaan akan uang. Hal ini dapat ditunjukkan secara matematis sebagai berikut :

(M/P)d = L (r,Y)

Permintaan akan uang memiliki hubungan negatif dengan tingkat bunga dan memiliki hubungan positif dengan pendapatan. Menurut Mankiw penurunan kurva LM dapat ditunjukkan pada Gambar 2 berikut ini.

Gambar 6. Penurunan kurva LM

Dari Gambar 6 dapat kita lihat pada grafik a yang menunjukkan perubahan keseimbangan pada pasar uang, dimana ketika pendapatan mengalami kenaikan sebesar Y1 ke Y2, maka akan mengakibatkan kenaikan permintan uang, sehingga kurva Md bergerak ke kanan. Hal ini juga mengakibatkan kenaikan tingkat bunga dari r1 ke r2. Perubahan pada tingkat bunga tersebut menunjukkan kurva lm yang ditunjukkan pada grafik b.hubungan antara tingkat bunga dengan pendapatan, ketika pendapatan mengalami kenaikan, maka mengakibatkan kenaikan tingkat bunga.

Menurut Mankiw untuk memahami bagaimana kebijakan moneter dapat mempengaruhi pergerakan kurva LM digunakanlah teori liquidity preference. Hal ini dapat kita lihat pada Gambar 7 berikut ini.

Gambar 7. Pengaruh perubahan kebijakan moneter terhadap kurva LM

Dari Gambar 7 tersebut menunjukkan bagaimana pengaruhnya kebijakan moneter yang dikeluarkan oleh bank sentral terhadap tingkat bunga dan pendapatan nasional. Ketika bank sentral melakukan pengurangan money supply (Ms) dari M1 ke M2, hal ini mengakibatkan keseimbangan Ms mengalami penurunan dari M1/P ke M2/P. Dianggap pendapatan tetap dan kurva permintaan uang mengalami keseimbangan, maka hal ini akan mengakibatkan kenaikan tingkat bunga pada keseimbangan pasar uang . Hal ini dengan penurunan Ms mengakibatkan kurva LM bergerak keatas.

Dapat disimpulkan, bahwa kurva LM menunjukkan kombinasi dari tingkat bunga dan pendapatan nasional yang mana hal ini sesuai dengan keseimbangan pada pasar uang. Kurva LM menggambarkan bagaimana keseimbangan penawaran akan uang riil.

Penurunan pada keseimbangan penawaran akan uang riil membuat kurva LM bergerak keatas, pertambahan pada keseimbangan akan uang riil membuat kurva LM bergerak kebawah.

Sumber: https://dosenpendidikan.id/