Menghilangkan Rasa Bosan Dengan Cara Mempercepat Kinerja Memori

Menghilangkan Rasa Bosan Dengan Cara Mempercepat Kinerja Memori

Menghilangkan Rasa Bosan Dengan Cara Mempercepat Kinerja Memori

Salah satu hal yang memang cukup membuat jenuh adalah menunggu.

Ada anekdot yang berkata setahun itu berlalu dengan cepat tetapi menunggu lima menit saja terasa begitu lama. Apalagi ketika kita menunggu proses dari komputer selain harus diam memperhatikan layar, ada kemungkinan komputer menjadi hang dan akhirnya malah kita harus me-restart ulang komputer tanpa sempat menyimpan pekerjaan yang sudah kita kerjakan. Hal yang tidak kita inginkan tetapi terkadang terjadi dalam kehidupan kita. Masalahnya, terkadang, walau memang teknologi komputer sudah semakin maju, masih saja kita bisa menemukan permasalahan ini.

Komputer yang terlalu panas, aplikasi yang begitu banyak terbuka

, Quota memori yang kecil, sistem operasi yang tidak berfungsi dengan baik, bahkan ketidakstabilan aliran listrik, system registry yang kotor, bisa menjadi biang keladi permasalahan tersebut. Pada catatan kali ini kita akan coba membahas kelambatan kinerja komputer tersebut dari sisi memory komputer. Ditilik dari pengertiannya, memory komputer memiliki definisi dan fungsi yang berbeda dengan kartu memory yang biasa digunakan pada handphone. Memory pada komputer disebut dengan RAM atau lazim disebut dengan Random Access Memory. Untuk memudahkan, bisa dikatakan bahwa RAM adalah tempat penyimpanan sementara sebelum sebuah data

diproses lebih lanjut. Analoginya begini, anggaplah harddisk

sebagai gudang, memory sebagai trolly, dan kasir sebagai processor. Ketika trolly tersebut membawa barang begitu banyak yang terjadi adalah pertama banyak antrian barang yang belum terbawa, kedua, proses pengantaran barang menjadi lebih lambat sebab trolly berjalan dengan muatan yang penuh. Kedua hal diatas sedikitnya memberikan gambaran mengenai proses yang terjadi didalam memory komputer. Berbeda dengan memory pada handphone, pada handphone kartu memory yang kita gunakan memiliki fungsi yang hamper sama dengan harddisk atau flashdisk yang kita gunakan pada komputer atau laptop. Jika memory handphone penuh, maka kita tidak bisa lagi menambahkan file yang baru. Sedangkan ketika memory komputer penuh, maka kita akan mengalami hang atau crash pada system komputer yang kita miliki.

 

Baca Juga :