PENETAPAN HARGA TRANSFER DAN PERPAJAKAN INTERNASIONAL

PENETAPAN HARGA TRANSFER DAN PERPAJAKAN INTERNASIONAL

PENETAPAN HARGA TRANSFER DAN PERPAJAKAN INTERNASIONAL
PENETAPAN HARGA TRANSFER DAN PERPAJAKAN INTERNASIONAL
HARGA TRANSFER Pengertian Harga Transfer
Harga transfer sering juga disebut
intracompany pricing, intercorporate pricing,interdivisional pricing  atau internal pricing
Pengertian harga transfer dapat dibedakanmenjadi dua, yaitu pengertian yang bersifat netral dan pengertian yang bersifat peyoratif.Pengertian netral mengasumsikan bahwa harga transfer adalah murni merupakan strategi dantaktik bisnis tanpa motif pengurangan beban pajak. Sedangakan motif peyoratif mengasumsikan harga transfer sebagai upaya untuk menghemat beban pajak dengan taktik,antara lain menggeser laba ke negara yang tarif pajaknya rendah

Tujuan Harga Transfer

Tujuan yang ingin dicapai dalam harga transfer sebagai berikut:1.Memaksimalkan penghasilan global

2.Mangamankan posisi kompetitif anak/cabang perusahaan dan penetrasi pasar.3.Mengevaluasi kinerja anak/cabang perusahaan mancanegara.4.Menghindarkan pengendalian devisa.5.Mengatrol kredibilitas asosiasi.6.Mengurangi risiko moneter.7.Mengatur arus kas anak/cabang yang memadai.8.Membina hubungan baik dengan administrasi setempat.9.Mengurangi beban pengenaan pajak dan bea masuk.10.Mengurangi risiko pengambilalihan oleh pemerintah.