Pengertian Dan Sifat Hidrogen Sulfida

Pengertian Hidrogen Sulfida

Hidrogen sulfida, H2S, adalah gas yang tidak berwarna, beracun, dan mudah terbakar yang berbau seperti telur busuk. Gas ini dapat dihasilkan dari aktivitas biologis ketika bakteri memecah zat organik dalam keadaan bebas oksigen (aktivitas anaerobik), seperti di rawa dan selokan. Gas ini juga muncul dalam gas yang berasal dari aktivitas vulkanik dan gas alam.

Hidrogen sulfida juga dikenal sebagai sulfana, sulfur hidroksida, gas asam, hidrogen sulfida, asam hidrosulfat dan gas buang (selokan gas). IUPAC menerima nama “hidrogen sulfida” dan “sulfana”; kata terakhir digunakan lebih eksklusif ketika campuran yang lebih kompleks disebutkan.


ahli kimia

Hidrogen sulfida adalah hidrida kovalen yang secara kimia terkait dengan air (H2O) karena oksigen dan sulfur berada dalam kelompok yang sama pada tabel periodik.
Hidrogen sulfida adalah asam lemah, dipisahkan menjadi larutan encer (mengandung air) dalam hidrogen H + kation dan anion hidrosulfida dari HSS:
H2S → HS- + H +
Ka = 1,3 × 10-7 mol / L; pKa = 6.89.
Ion sulfida, S2-, dikenal sebagai larutan padat tetapi tidak berair (oksida). Konstanta disosiasi kedua hidrogen sulfida sering diekspresikan sekitar 10-13, tetapi sekarang kita memahami bahwa angka ini adalah kesalahan yang disebabkan oleh oksidasi belerang dalam larutan alkalin. Perkiraan akhir terbaik untuk pKa2 adalah 19 ± 2 [10]. Gas hidrogen sulfida (H2S) sangat beracun dan fatal, operator pengeboran minyak dan gas memiliki risiko besar pelepasan gas H2S. Pengetahuan umum tentang (H2S) hidrogen sulfida (H2S) adalah gas yang sangat beracun dan dapat melumpuhkan sistem pernapasan dan dapat berakibat fatal dalam beberapa menit. dalam jumlah minimum gas H2S itu sangat berbahaya bagi kesehatan

Hidrogen sulfida dibentuk oleh proses penguraian bahan organik oleh bakteri, dari mana H2S ditemukan dalam minyak dan gas, di selokan, di air yang tergenang. Misalnya, rawa dan juga terbentuk dalam proses industri dan proses biologis lainnya

Karakteristik H2S

Sangat beracun dan mematikan
tidak berwarna
Lebih berat daripada udara, ia cenderung berkumpul dan merasa nyaman di daerah yang lebih rendah
Dapat terbakar dengan api biru dan pembakaran gas sulfur dioksida (SO2) yang juga merupakan gas beracun
Sangat korosif dengan akibat karat pada logam tertentu
Pada konsentrasi rendah baunya seperti telur busuk dan dapat melumpuhkan indera penciuman manusia

Sumber : https://rumus.co.id/