Persiapan media kolam budidaya Ikan

Kolam merupakan hal penting dalam melakukan budidaya, kolam yang digunakan untuk budidaya di lahan sempit bisa terbuat dari apa saja. Kolam tersebut dapat dibuat di belakang rumah atau samping rumah. Kolam untuk budidaya di lahan sempit juga dapat menggunakan media apapun. Ada beberapa jenis kolam yang bisa anda manfaatkan untuk melakukan budidaya ikan dengan lahan yang sempit, pilihlah yang sesuai dengan lahan yang anda miliki, berikut adalah media kolam diantaranya:

Kolam tanah
Jika Anda mempunyai lahan di belakang atau samping rumah itu sudah cukup untuk dimanfaatkan sebagai kolam. Namun dengan penggunaan kolam dari tanah memiliki kelemahan jika jenis tanah yang dimanfaatkaan tidak sesuai akan menyebabkan air cepat meresap dan menghilang.

Kolam terpal
Penggunaan kolam terpal untuk budidaya ikan pada lahan sempit memiliki keuntungan karena sifat kolam ini yang semi permanen yaitu dapat dipindah atau bahkan dibubarkan.

Akuarium
Jenis wadah ini juga cocok untuk melakukan budidaya tetapi budidaya ikan hias. Penggunaan akuarium memiliki keunggulan dalam hal fleksibilitas karena dapat dipindahkan ke tempat berbeda. Dalam melakukan budidaya ikan dalam akuarium harus diperhatikan adalah kebersihan dan pemberian bahan (ornament sebagai tempat pembiakan ikan hias) tertentu.

Media lain
Untuk budidaya ikan skala kecil dalam lahan sempit anda bisa menggunakan media budidaya berupa drum atau ember. memang dengan menggunakan media tersebut sangat praktis namun media ini memiliki kelemahan yaitu daya tampungnya yang tidak terlalu banyak. Media budidaya ini cocok digunakan untuk budidaya jenis ikan hias atau belut.

Pemupukan dasar kolam
Pemupukan pada dasar kolam perlu dilakukan untuk beberapa jenis ikan budidaya untuk meyesuaikan kadar keasaman tanah atau pH dan biasanya pemupukkan ini dilakukan pada media kolam tanah.

Penebaran benih
Menebarkan benih bibit ikan harus hati-hati terutama untuk jenis ikan hias. Namun sebelum penebaran ikan tersebut hendaknya terlebih dahulu harus melalui proses adaptasi. Ada jenis ikan tertentu, yang penebarannya dapat dilakukan secara bersamaan dengan plastiknya dan ada juga cara penebarannya dapat dilakukan dengan cara menggoyang-goyangkannya terlebih dahulu.

Pemberian pakan ikan
Pakan yang diberikan pada ikan budidaya biasanya bergantung dari jenis ikan yang dibudidayakan. Pemberian pakan tersebut harus diberikan sesuai agar tidak mengakibatkan air kolam tidak menjadi kotor karena beberapa jenis ikan tidak tahan terhadap kualitas air yang buruk dan dapat mengganggu pertumbuhannya.

Baca Juga :