Reaksi Kimia Propana Dan Pengertianya

Pengertian Propana

Propana adalah senyawa alkana tiga karbon dengan rumus kimia C3H8 dalam bentuk gas dalam kondisi normal, tetapi dapat dikompresi menjadi cairan yang dapat dengan mudah dipindahkan ke dalam wadah murah. Senyawa ini berasal dari produk minyak lainnya dalam pengolahan minyak atau gas alam. Propana umumnya digunakan sebagai bahan bakar untuk mesin, barbekyu (pemanggang) dan di rumah-rumah.

Propana dijual sebagai bahan bakar, propana juga dikenal sebagai LPG (liquefied petroleum gas) yang dapat menjadi campuran dengan sejumlah kecil propena, butana dan butena. Kadang-kadang ethanetiol ditambahkan sebagai agen penciuman sehingga dapat digunakan sebagai deteksi jika terjadi kerugian. Di Amerika Utara, komposisi utama LPG adalah propana (setidaknya 90%), dengan penambahan butana dan propena. Ini adalah standar HD5, awalnya dibuat terutama untuk bahan bakar kendaraan.

reaksi

Propana mengalami reaksi pembakaran yang mirip dengan alkana lainnya. Lebih dari oksigen, propana membakar dan membentuk air dan karbon dioksida.

C3H8 + 5 O2 → 3 CO2 + 4 H2O + panas
propana + oksigen → karbon dioksida + air

Jika tidak ada cukup oksigen untuk pembakaran sempurna, pembakaran tidak sempurna terjadi ketika propana membakar dan membentuk air, karbon monoksida dan karbon dioksida.

C3H8 + 4,5 O2 → 2 CO2 + CO + 4 H2O + panas

Propana + oksigen → karbon dioksida + karbon monoksida + air

Tidak seperti gas alam, propana lebih berat daripada udara (1,5 kali lebih padat). Dalam keadaan mentah, propana akan berada di bawah. Propana cair menguap pada tekanan atmosfer dan tampak putih karena kondensasi uap air dari udara.

Ketika terbakar dengan benar, propana menghasilkan sekitar 50 MJ / kg. Panas kotor membakar satu meter kubik propana adalah sekitar 91 megajoule. [3]

Propane tidak beracun, tetapi jika dihirup, akan menyebabkan aspirasi ringan karena kekurangan oksigen. Produk komersial yang mengandung hidrokarbon propana dapat meningkatkan risiko. Umumnya disimpan di bawah tekanan suhu ruangan, propana dan campurannya mengembang di seluruh ruangan dan dingin ketika dilepaskan dan dapat menyebabkan sedikit beku.

Propana pembakaran jauh lebih bersih daripada gas pembakaran, bahkan jika tidak sebersih pembakaran gas alam. Kehadiran ikatan C-C, ditambah beberapa ikatan propilena dan butilena, menciptakan limbah organik selain karbon dioksida dan uap air selama pembakaran. Ikatan ini juga menyebabkan munculnya api ketika propana dibakar.


Konten energi

Jenis energi propana adalah 46,44 megajoule per kilogram [4] (91.690 BTU per galon Amerika, 2220 kJ / mol, 50.35 kJ / g).
Kepadatan
Kepadatan propana cair pada suhu 25 ° C adalah 0,493 g / cm3, sama dengan 4,11 pon per galon AS atau 493 gram per liter. Propana mengembang sebesar 1,5% untuk 10 ° F. Oleh karena itu, propana memiliki kepadatan sekitar 4,2 pon per galon pada 60 ° F.

Sumber : https://rumusrumus.com/