Sejumlah SMA/SMK Mulai Lakukan Pengenalan Lingkungan Sekolah

Sejumlah SMA/SMK Mulai Lakukan Pengenalan Lingkungan Sekolah

Sejumlah SMA SMK Mulai Lakukan Pengenalan Lingkungan Sekolah

Sejumlah SMA SMK Mulai Lakukan Pengenalan Lingkungan Sekolah

Sejumlah Sekolah pasca masa PPDB telah mulai melakukan Pengenalan Lingkungan Sekolah, tampak kegiatan kreatif yang dilaksanakan di setiap sekolah. Kegiatan sudah dilaksanakan sejak tanggal 15 Juli 2019.

Meskipun masih menyisakan PPDB tahap 3, dimana siswa yang baru dinyatakan diterima masuk secara resmi tanggal 22, tentunya aktifitas MPLS tetap berlanjut.

Kepala Dinas pendidikan mhd dali Menyempatkan mengunjungi sejumlah sekolah,

diantaranya di SMAN 4 Tanjungpinang.

Secara resmi Juknis PLS ini dituangkan melalui Surat Edaran Nomor 5 Tahun 2019 tentang Kegiatan Penumbuhan Wawasan Kebangsaan Dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, yang ditandatangani Mendikbud Muhajir Effendy pada 3 Juli 2019, dan ditujukan kepada para Gubernud dan Bupati/Walikota Seluruh Indonesia.

Ada empat point penting yang ditekankan dalam Surat Edaran Mendikbud itu. Berikut ini rinciannya, seperti dikutip dari Setkab, Sabtu (13/7/2019).

Mengoptimalkan pelaksanaan PLS sebagai sarana untuk memperkuat karakter

peserta didik sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Menguatkan pelaksanaan PLS dengan berbagai kegiatan kreatif, menarik, dan aktual yang dapat memperkuat karakter religius dan kebangsaan sebagai upaya untuk melaksanakan pendidikan antiradikalisme bagi peserta didik.

Melaksanakan program penguatan program pendidikan karakter peserta didik secara komprehensif melalui pembelajaran instrakurikuler, entrakurikuler, dan nonkurikuler secara kreatif dan menarik.

Serta Menjalin kerja sama dengan kementerian/lembaga yang relevan, antara Badan

Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Kementerian Polhukam, Kementerian Pertahanan, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), TNI, Polri, dan lembaga swadaya masyarakat lainnya dalam melaksanakan program penguatan pendidikan karakter peserta didik

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/2X9DJY5