Sekolah yang Ikut UNBK Bertambah Jadi 9

Sekolah yang Ikut UNBK Bertambah Jadi 9

Sekolah yang Ikut UNBK Bertambah Jadi 9

Sekolah yang Ikut UNBK Bertambah Jadi 9

Jumlah Sekolah Menangah Atas (SMA) sederajat di Kota Cimahi yang akan

mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2016 mengalami peningkatan menjadi sembilan sekolah dari sebelumnya lima sekolah.

Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdikpora Cimahi, Tita Mariam mengatakan,

sejumlah sekolah yang akan mengikuti UNBK itu antara lain SMAN, 1 MAN dan 7 SMK. Sisanya hingga saat ini masih UN manual atau paper test.

”Memang jumlah SMA sederajat di Cimahi itu ada 48 sekolah, tapi belum semuanya ikut UNBK. Hal ini karena untuk melaksanakan unbk diperlukan server dan komputer yang cukup banyak,” katanya, kemarin.

Tita menjelaskan, untuk UNBK memang harusnya semua sekolah melaksanakannya. Namun karena keterbatasan sarana, dilakukan secara bertahap. Banyaknya SMK yang lebih siap mengikuti UNBK karena di sekolah tersebut sudah memiliki lebih banyak jaringan komputernya.

Meski demikan agar semua sekolah sudah melaksanakan UNBK, pihak sekolah bisa

mengajukannya ke provinsi. Sebab mulai Januari 2017, pengelolaan SMA oleh provinsi.”Kemarin ada himbauan juga dari pemerintah pusat agar sekolah mengajukan ke Pemprov,” katanya.

Lebihlanjut Tita menuturkan, UNBK lebih bagus dibandingkan sistem paper test. Sebab dengan UNBK tingkat kecurangannya lebih minim. ”Tingkat kecurangan saat ujian juga lebih minim, karena tiap komputer soalnya berbeda. Dengan begitu tiap siswa tidak bisa saling contek,” katanya

 

Sumber :

https://miralaonline.net/teks-editorial/