Simral Aplikasi Menutup Celah Penyelewengan APBD

Simral Aplikasi Menutup Celah Penyelewengan APBD

Simral Aplikasi Menutup Celah Penyelewengan APBD
Simral Aplikasi Menutup Celah Penyelewengan APBD

DI era keterbukaan informasi dan digitalisasi, pemerintah daerah pun harus menyesuaikan diri dengan tuntutan masyarakat. Pemerintah telah memberikan perintah agar pemerintah daerah dalam mengelola anggaran untuk pembangunan di daerah harus terbuka atau bisa diakses oleh publik.

Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Badan Pengkajian dan

Penerapan Teknologi (BPPT), Michael A Purwoadi mengatakan sudah saatnya pemerintah daerah melakukan digitalisasi anggaran melalui aplikasi yang bisa diakses oleh publik.

BPPT, lanjut Michael telah mengembangkan Sistem Manajemen Perencanaan, Penganggaran, dan Pelaporan (SIMRAL) berbasis teknologi online sejak 2008.

“BPPT sudah mengembangkan Simral berbasis teknologi online sejak 2008. Aplikasi ini adalah inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk membangun tertib administrasi dan terjaganya konsistensi data pembangunan daerah,” kata Michael dalam acara Simral Gathering yang diselenggarakan oleh BPPT di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

“Aplikasi ini terus diupdate dan disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan

pemerintah daerah. Fitur-fitur juga ditambahkan sesuai keinginan pemerintah daerah,” ujar Michael.

Selain Simral, juga ada inovasi lainnya adalah cloud Simral dan tanda tangan digital. Untuk cloud Simral ini, sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo bahwa pada mulanya daerah punya server sendiri-sendiri sekarang disatukan menjadi satu server di cloud simral.

“Aplikasi tunggal ini lebih efisien karena dari segi perawatan juga lebih gampang.

Dari sisi rekonsiliasi data-data keuangan daerah menjadi data keuangan negara,” kata Michael.

Kemudian inovasi lainnya adalah tanda tangan digital. Michael menjelaskan adanya tanda tangan digital itu, tidak bisa disalahgunakan. Hanya aktor atau si pembuat pelaporan yang bisa melakukannya.

 

sumber :

https://teknosentrik.com/