Situs Bahan Bacaan Kehutanan

Situs Bahan Bacaan Kehutanan

Menurut UU No 41 tentang kehutanan bahwa hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan.

Sehingga kehutanan diartikan sebagai ilmu yang memperlajari ruang lingkup hutan. Kehutnan ini mempunyai macam-macam ilmu atau sejenisnya, antara lain teknologi hasil hutan, manajemen hutan, silvikultur, dan lain sebagainya.

Ada beberapa orang atau mahasiswa yang malas mencari informasi atau bahan bacaan di perpustakaan. Hal ini disebabkan semakin berkembangnnya teknologi sekarang yang dapat mengakses informasi atau sejenis bahan bacaaan yang diperlukan oleh mahasiswa itu sendiri.

Oleh sebab itu kita perlu tahu situs-situs apa saja yang mengakses bahan bacaan tentang kehutanan ini. Salah satunya situs yang bermanfaat bagi mahasiswa kehutanan yaitu situs panehutan ini, ha ha ha…

Baik lah kita akan mempelajari 3 situs yang dapat dijadikan sumber bahan bacaan tentang kehutanan.

1. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan situs ini bagi warga negara Indonesia, khususnya mahasiswa kehutanan. Situs ini merupakan situs yang mempunyai informasi ruang lingkup kehutanan, salah satunya mempunyai info tentang kawasan hutan dengan vegetasi dan satwa tertentu.

Situs ini terdiri dari artikel, pengumuman, layanan publik, dan beberapa ebook yang cocok untuk bahan bacaan mahasiswa kehutanan.

2. WWF-Indonesia

WWF-Indonesia merupakan yayasan yang idependen yang sudah terdaftar sesuai dengan hukum Indonesia. Situs ini lebih dominan dalam membahawa konservasi hutan yang terdiri dari informasi tentang satwa dan vegetasi yang ada di hutan Indonesia. Situs ini cocok untuk mahasiswa yang mempunyai minat atau bidang pada manajemen hutan khususnya pada konservasi sumber daya hutan.

3. IPB Repository

IPB Repository merupakan situs yang menyediakan bahan bacaan berupa hasil skripsi atau karya tulis ilmiah yang dibuat oleh masyarakat Institut Pertanian Bogor itu sendiri. Situs ini cocok pada mahasiswa yang mempunyai bidang atau minat terhadap teknologi hasil hutan, karena situs ini lebih dominan mengarah pada hasil tulisan mahasiswa IPB tentang pengolahan hasil hutan tersebut.