Tabungan dan Investasi dalam Perekonomian terbuka Kecil

Tabungan dan Investasi dalam Perekonomian terbuka Kecil

       Telah diurai bahwa neraca perdagangan sama dengan arus modal ke luar neto, yang lalu sama dengan tabungan dikurangi investasi. Model kita berfokus pada tabungan dan investasi. Kita gunakan bagian model dari  Bab 3, tapi tak mengasumsikan tingkat bunga riil menyeimbangkan tabungan dan investasi. Sebaliknya, kita biarkan perekonomian mengalami defisit perdagangan dan meminjam dari negara lain, atau mengalami surplus perdagangan dan memberi pinjaman pada negara lain. Misal perekonomian terbuka kecil dengan mobilitas modal sempurna di mana tingkat bunga di dalamnya sama dengan tingkat bunga dunia r*, dinotasikan r = r*.

       Dalam perekonomian tertutup, yang menentukan tingkat bunga adalah keseimbangan tabungan domestik dan investasi—dan dunia, seperti perekonomian tertutup karenanya, keseimbangan tabungan dunia dan investasi dunia menentukan tingkat bunga dunia.

Persamaan :

Y = Y = F(K, L) 

Output perekonomian Y ditentukan oleh faktor-faktor produksi dan fungsi  produksi

C = C (Y-T) = Konsumsi berhubungan secara positif dengan pendapatan disposabel (Y – T).

I = I(r) = Investasi berhubungan secara negatif dengan tingkat bunga riil r.

NX = (Y-C-G) – I = Pendapatan Nasional / Neraca Perdagangan

atau NX = S – I  diekspresikan dalam tabungan dan investasi

       Mensubstitusi tiga asumsi dan asumsi bahwa tingkat bunga sama denga tingkat bunga dunia, r*.  NX = (Y-C(Y-T) – G) – I (r*)   =     NX =  S – I (r*) Persamaan ini menunjukkan bahwa neraca perdagangan ditentukan oleh selisih antara tabungan dan investasi pada tingkat bunga dunia.

       Di perekonomian tertutup, r menyeimbangkan tabungan dan investasi. Di perekonomian terbuka kecil, tingkat bunga ditentukan pasar keuangan dunia. Selisih antara tabungan dan investasi menentukan neraca perdagangan. Di kasus ini, karena r* diatas rtertutup dan tabungan melebihi investasi,ada surplus perdagangan. Jadi, pada perdagangan berimbang, kenaikan tingkat bunga dunia karena ekspansi fiskal luar negeri menyebabkan surplus perdagangan. Jika tingkat bunga dunia berkurang ke r* ‘, I akan melebihi S dan akan ada defisit perdagangan.

  1. Eskpansi fiskal dalam Negeri pada Perekonomian Terbuka Kecil

       Kebijakan fiskal dalam negeri pertama-tama, perhatikanlah apa yang terjadi pada perekonomian terbuka kecil jika pemerintah menambah pengeluaran domestik dengan meningkatkan belanja pemerintah. Kenaikan dalam G mengurangi tabungan Nasional, Karena S = Y – C – G . dengan tingkat bunga Rill dunia yang tidak berubah, investasi hatus dibiayai dengan meminjam dari luar negeri. Karena NX = S – I , maka penurunan S akan menurunkan NX, perekonomian sekarang mengalami defisit perdagangan.

sumber :

https://radiomarconi.com/