Tafsir bi Ra’yi dan Penjelasannya

Tafsir bi Ra’yi dan Penjelasannya

Yang dimaksud dengan tafsir bi ra’yi adalah menafsirkan ayat Al-qur’an dengan menggunakan rasio atau akal. Dan makna Ar-Ro’yi adalah ijtihat dan olah piker serta penelitian dalam memahami Al-qur’an dalam batas pengetahuan tentang bahasa arab, dan dalam kerangka kewajiban yang harus dipenuhi oleh penafsir Al-qur’an dari perangkat syarat dan akhlak.[3]

Mengenai tafsir yang didasarkan pada pendapat dan akal (tafsir bi ra’yi), sekalipun memenuhi syarat yang diperlukan untuk dapat dinilai baik dan terpuji, tidak dapat dibenarkan jika ia bertentangan dengan tafsir bil ma’tsur yang kita ketahui dengan pasti berdasarkan pada nash-nash hadits shahih. Sebab ar-ra’yu adalah ijtihad, sedangkan ijtihad tidak boleh disejajarkan dengan nash-nash hadits. Lain halnya kalau tafsir bi Ra’yi tidak bertenangan dengan tafsir bil ma’tsyur, dalam hal demikian itu maka, keduanya saling mendukung dan saling memperkuat.[4]

  1. Hukum menggunakan tafsir bi ra’yi

Mengenai tafsir bi ra’yi para ulama berbeda pendapat, ada yang mengharamkan ada pula yang membolehkan. Adapun yang mengharamkan memiliki dasar sebagai berikut, yakni hadits dari Ibnu Abbas :

Artinya : “…. Dan barang siapa yang mengatakan sesuatu tentang Al-qur’an dengan pendapatnya sendiri, maka siap-siaplah untuk menikmati tempat di neraka”.

Jawaban tentang hadits itu yang telah disebutkan tadi. Jika shahih sekalipun ia mempunyai kemungkinan dua pengertian. Pertama, yang dimaksud dengan Ar-ra’yu adalah hawa nafsu. Yaitu, menyeret Al-qur’an untuk memperkuat hawa nafsunya dan pemikiran yang ia anut. Kedua, maka hadits itu mencela orang yang berani menafsirkan Al-qur’an sebelum memiliki perangkat yang seharusnya dibutuhkan dalam menafsirkan Al-qur’an.

Adapun yang memperbolehkan adalah dengan dasar hadits yang diriwayatkan dari beberapa jalan, diantaranya :

Artinya : “Siapa yang ditanya tentang sesuatu yang ia kuasai keilmuanya, kemudian ia menyembuyikannya, maka pada hari kiamat ia akan dikendalikan mulutnya dengan api neraka”.

https://sewamobilbali.co.id/tiny-guardians-apk/