Titik Refleksi Kaki & Cara Memijat yang Benar

Titik Refleksi Kaki & Cara Memijat yang Benar

Memijat sejumlah titik di kaki Anda dipercaya dapat memberikan efek rileks sekaligus menghalau rasa nyeri maupun pegal, tidak cuma terhadap kaki itu sendiri, tapi terhitung anggota tubuh lainnya. Benarkah demikian? Lantas, di mana saja titik refleksi kaki tersebut?

Apa Itu Titik Refleksi Kaki?
Titik refleksi kaki adalah area-area di kaki dan sekitarnya yang punyai sensitivitas tinggi terhadap sentuhan dan tekanan. Dalam dunia medis, titik refleksi ini dikenal sebagai titik akupresur (acupressure point). Saat titik-titik selanjutnya disentuh atau ditekan, tubuh akan bereaksi dengan melepaskan senyawa-senyawa yang memberikan efek rileks.

Efek relaksasi yang dihasilkan berasal dari aktivitas memijat titik refleksi terhadap kaki ini pun diklaim dapat meredakan pegal, di samping sejumlah faedah lainnya layaknya menjaga kesehatan tubuh sampai menopang Anda tidur lebih nyenyak. Kendati tetap belum dapat dipastikan, sejumlah penelitian mengutarakan bahwasanya pijat refleksi kaki efektif untuk meredakan nyeri, terhitung nyeri pasca operasi.

Macam-Macam Titik Refleksi Kaki
Melakukan pijatan terhadap titik refleksi kaki diklaim dapat menghalau nyeri dan pegal-pegal. Titik-titik refleksi yang dibahas kali ini dibagi berdasarkan efeknya terhadap tubuh. Lantas, di mana saja letak titik-titik refleksi tersebut? Dilansir berasal dari Healthline, review informasinya selanjutnya ini!

1. Titik Refleksi Kaki untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan
Efek rileks yang akan Anda dapatkan pas memijat kaki secara otomatis dapat menopang menanggulangi gangguan rasa cemas. Berikut adalah letak titik selanjutnya beserta langkah memijatnya yang dapat dipraktikkan:

Tekuk jari kaki sampai terbentuk semacam lekukan di bawahnya.
Letakkan ibu jari tangan terhadap lekukan tersebut.
Tahan punggung kaki dengan tangan yang satunya.
Pijat lekukan selanjutnya secara perlahan dengan gerakan memutar menggunakan ibu jari tangan.
Selain dengan gerakan memutar, jalankan terhitung gerakan naik-turun pas memijat.
2. Titik Refleksi Kaki untuk Mengatasi Nyeri Umum
Guna menanggulangi rasa nyeri dan pegal terhadap daerah kaki maupun daerah tubuh lainnya, Anda dapat memberikan pijatan di telapak kaki. Terapi ini dikenal dengan istilah terapi miofasial dan mempunyai tujuan untuk merelaksasi jaringan yang tersedia terhadap otot, tulang, maupun organ.

Cara menerapkan terapi relaksasi melalui kaki ini adalah sebagai berikut:

Posisikan tubuh didalam kondisi duduk. Gunakan kursi atau sofa yang nyaman.
Letakkan objek berwujud bola (bisa bola tenis, golf, dsb.) di bawah telapak kaki.
Gulingkan bola secara bolak-balik menggunakan telapak kaki, rasakan ada titik sensitif.
Jika titik sensitif udah terasa, memberikan stimulus terhadap kaki.
Tahan sepanjang kurang lebih 3-5 menit.
3. Titik Refleksi Kaki untuk Mengatasi Nyeri Punggung
Memijat titik refleksi yang tersedia di kaki Anda terhitung dapat menopang menanggulangi nyeri yang berjalan di daerah punggung, terutama punggung anggota bawah dengan kata lain pinggang. Sebuah penelitian perlihatkan bahwa seseorang yang jalankan pijat refleksi kaki untuk menanggulangi nyeri punggung terima hasil yang lebih baik ketimbang mereka yang lebih-lebih memijat punggung itu sendiri.

Titik refleksi yang dimaksud kali ini yaitu telapak kaki segi dalam, tepatnya di bawah ibu jari kaki. Proses penerapannya adalah sebagai berikut:

Pijat titik refleksi menggunakan ibu jari tangan secara perlahan dengan gerakan naik-turun.
Anda terhitung dapat jalankan gerakan ‘memukul’ terhadap titik refleksi tersebut.
Pindahkan lokasi pijatan ke daerah lainnya layaknya tumit dan hari-jari kaki.
4. Mengatasi Gangguan Tidur
Gangguan tidur layaknya insomnia terhitung dapat diatasi dengan memijat titik refleksi di kaki Anda. Untuk persoalan ini, titik yang dimaksud yaitu tersedia di segi didalam kaki yang berada di atas pergelangan kaki.

Penerapannya adalah sebagai berikut:

Tentukan titik paling tinggi berasal dari pergelangan kaki.
Beri jarak 4 jari ke atas berasal dari titik tersebut.
Lakukan gerakan memijat naik-turun secara perlahan (beri sedikit tekanan).
Ulangi sepanjang lebih dari satu kali dengan tiap-tiap sesi berjalan kira-kira 4-5 detik.
Selain dianggap dapat menanggulangi gangguan tidur, memijat titik refleksi yang satu ini terhitung dianggap dapat meredakan nyeri yang disebabkan oleh sejumlah kondisi layaknya menstruasi dan penyakit yang terjalin dengan pelvis.

Manfaat Memijat Titik Refleksi Kaki
Berikut ini adalah ikhtisar faedah jalankan pijat refleksi terhadap kaki yang kudu Anda ketahui.

1. Mengatasi Nyeri dan Pegal-Pegal
Nyeri dan pegal terhadap kaki tentu saja jadi kondisi yang semua orang pasti dulu mengalaminya, terutama terkecuali sehari-harinya berkutat dengan aktivitas yang banyak perlu gerakan dan tumpuan kaki, atau terkecuali sering menggunakan sepatu berhak (high heels).

Pijat refleksi mempunyai tujuan untuk meredakan rasa nyeri dan pegal-pegal tersebut. Pasalnya, aktivitas ini dapat merilekskan otot-otot sekaligus melancarkan peredaran darah di dalamnya. kegunaan ini terhitung berlaku untuk anggota tubuh yang lainnya, ya.

2. Mengusir Stres
Manfaat penting lainnya yang terhitung dihasilkan berasal dari aktivitas pijat yang satu ini adalah untuk mengusir rasa stres.

Dilansir berasal dari WebMD, pijat refleksi terhadap kaki maupun daerah tubuh lainnya menurut seorang praktisi kesehatan yaitu Mary Beth Braun efektif untuk menanggulangi stres dan kondisi lainnya yang tentang layaknya gangguan keresahan dan insomnia.

3. Mengembalikan Energi Tubuh
Padatnya aktivitas sehari-hari tentu saja membuat tubuh kami banyak kehilangan daya yang mana hal ini biasanya terlampau merasa di malam hari.

Pijat refleksi kaki jadi salah satu medium yang dipercaya dapat mengembalikan daya yang hilang tersebut. Pasalnya, pijat diklaim dapat menopang merangsang memproses hormon tubuh yang tentang dengan pembentukan daya (tentunya kudu diimbangi terhitung dengan mengonsumsi makanan bergizi dan aktivitas sehat lainnya layaknya berolahraga).

Tips Melakukan Pijat Refleksi terhadap Kaki
Setelah tahu titik-titik mana saja yang dapat dipijat, kini saatnya Anda tahu bagaimana tips atau langkah jalankan pijatan yang benar agar manfaatnya terlampau terasa.

Tips jalankan pijat refleksi sakit kepala yang baik adalah sebagai berikut:

Atur posisi tubuh senyaman mungkin.
Atur napas dengan baik sampai merasa rileks.
Tekan titik refleksi sewajarnya, sesudah itu jalankan gerakan memijat secara perlahan.
Pijat sepanjang kurang lebih 10 detik.
Kendati aktivitas layaknya ini dapat dilaksanakan secara mandiri, tidak tersedia salahnya untuk Anda—terutama yang baru menghendaki mencoba—berkonsultasi terutama dahulu dengan dokter terkait. Anda terhitung dapat menggunakan jasa terapis profesional terutama dahulu sembari mempelajari teknik pijatan yang baik.

Itu dia informasi tentang titik refleksi kaki yang dapat Anda pijat lembut fungsi meredakan nyeri, pegal-pegal, dan kondisi lainnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca Juga :