TKJ SMk Sesuai Kebutuhan Industri

TKJ SMk Sesuai Kebutuhan Industri

TKJ SMk Sesuai Kebutuhan Industri

TKJ SMk Sesuai Kebutuhan Industri

Pakar IT Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Hary Yudhanto mengatakan kurikulum teknik komputer dan jaringan (TKJ) di SMK sudah sesuai dengan harapan industri.

“Kurikulum komputer dan jaringan di SMK sudah sesuai dengan apa yang

diharapkan oleh dunia industri. Setidaknya hal ini terlihat dari peserta Lomba Kreativitas Siswa (LKS) ini,” ungkap Hary yang juga Juri pada Lomba Network IT Support LKS SMK Tingkat Provinsi Jawa Barat di BPPTIK Kominfo Cikarang, Bekasi, Kamis 18 Oktober 2018.

Ia menilai lomba tersebut sangat bagus untuk mengasah kemampuan siswa di

sekolah. Selain itu, agar para siswa mampu bersaing dan berkompetisi.

“Pesertanya dari 27 kota/kabupaten. Mereka bagus-bagus. Saya juga sampai sulit memilih pemenangnya,” kata Hary.

Menurut dia, melalui lomba ini para siswa dituntut untuk bisa menjadi administrator jaringan. Selain itu juga bisa menyelesaikan masalah jika ada kendala dalam jaringan tersebut.

“Posisi administrator jaringan ini sangat dibutuhkan di sebuah perusahaan. Dari sisi

kemampuan mereka sudah bisa menguasai penugasan. Makanya saya mengharapkan mereka tinggal mengikuti sertifikasi kompetensi,” ujarnya.

Di BPPTIK ini katanya, sudah bisa menyelenggarakan sertifikasi profesi di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Pihaknya sudah menyelenggarakan proses sertifikasi selama 5 tahun.

“Kami pernah mengundang para siswa SMK ke sini untuk mensosialisasikan sertifikasi TIK ini. Makanya melalui kegiatan ini kami berharap banyak lagi siswa SMK yang mau melakukan sertifikasi,” katanya menjelaskan.

 

Sumber :

https://miralaonline.net/niat-puasa-syawal/