Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim

Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim

Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim

Unsur-Unsur Cuaca dan Iklim

Unsur-unsur cuaca & iklim antara lain sebagai berikut;

a. Suhu Udara

Suhu udara adalah keadaan panas/dinginnya udara. Alat untuk mengukur suhu udara/derajat panas disebut thermometer.

b. Tekanan Udara

Tekanan udara adalah suatu gaya yang timbul akibat berat dari lapisan udara. Besarnya tekanan udara di setiap tempat berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh perbedaan tempetatur di muka bumi. Garis-garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat dengan tekanan udara sama disebut isobar.

c. Angin

Angin adalah pergerakan udara dari daerah bertekanan maksimum (tinggi) ke daerah bertekanan minimum (rendah). Alat untuk mengukur kecepatan angin adalah anemometer.

d. Kelembapan Udara

Kelembapan udara adalah banyaknya uap air yang terkandung dalam udara. Kelembapan udara bisa diukur dengan suatu alat yang disebut higrometer. Kelembapan udara bisa dibagi menjadi 2, yakni kelembapan udara nisbi & kelembapan udara mutlak.
  • Kelembapan ¬†udara nisbi (relatif) adalah perbandingan jumlah uap air dalam udara dengan jumlah uap air maksimum yang bisa dikandung udara dalam temperatur yang sama & dinyatakan dengan persen (%).
  • Kelembapan udara mutlak (absolut) adalah banyaknya uap air yang ada dalam setiap satu meter kubik air.

e. Curah Hujan

Curah hujan adalah banyaknya air hujan/kristal es yang jatuh ke permukaan bumi. Alat yang bisa dipakai untuk mengukur curah hujan disebut ombrometer.
Baca Artikel Lainnya: